Mengenal Lebih Dekat Syeikh Ibrahim al-Bajuri (Tokoh Islam)
Biografi Syeikh Ibrahim Al-Bajuri
Nama al-Bajuri merupakan nama yang tak asing lagi di kalangan para pelajar Madzab Syafi'i. Hal ini karena salah satu kitab fiqih yang menjadi kurikulum menengah adalah Hasyiyah al-Bajuri Syarah dari Matan Ghayah wa Taqrib. Bagaimana lengkapnya profil Syekh Ibrahim al-Bajuri ini. Untuk lebih lengkapnya simak di bawah ini.
Nama beliau adalah Burhanuddin Ibrahim al-Bajuri bin Syekh Muhammad al-Jizawi bin Ahmad. Beliau dilahirkan di desa Bajur dari provinsi al-Munufiya Mesir tepat pada tahun 1198 H/783 M. Sejak kecil beliau telah hidup dalam kalangan orang shaleh karena orang tua beliau juga merupakan seorang yang alim dan shaleh
Tahun 1212 H beliau berangkat ke al-Azhar untuk menimba ilmu dari para Syeikh-Syeikh di Universitas tertua tersebut. Pada tahun 1213 H/1798 M Prancis telah menduduki Mesir sehingga membuat beliau keluar dari al-Azhar dan tinggal di Jizah selama beberapa tahun, dan akhirnya kembali lagi ke al-Azhar pada tahun 1216 H (1801 M) setelah Perancis keluar dari Mesir.
Diantara guru-guru beliau di al-Azhar adalah:
1. Al-Allamah Syeikh Muhammad al-Amir al-Kabir al-Maliki, beliau seorang ulama terkenal di Mesir, seluruh ulama Mesir ketika itu mengambil ijazah dan sanad kepada beliau. Dari beliau, Syeikh al-Bajuri mendapat ijazah seluruh yang ada dalam kitab tsabat beliau
2. Al-Allamah Abdullah asy-Syarqawi, beliau merupakan ulama yang alim dan terkenal di Mesir dan di dunia Islam, karangannya yang banyak membuat nama beliau meroket di seantero dunia, terlebih lagi beliau mendapat jabatan memimpin al-Azhar dan menjadi Syeikhul Azhar (kedudukan yang tertinggi di al-Azhar). Diantara karangan beliau yang terkenal adalah Hasyiyah Syarqawi 'ala Tahrir, Hasyiyah Syarqawi 'ala Hudhudi dan Hasyiyah 'ala Hikam.
3. Syeikh Daud al-Qal'i, beliau merupakan ulama yang bijak dan arif
4. Syeikh Muhammad al-Fadhali, beliau seorang ulama al-Azhar yang alim dan sangat mempengaruhi jiwa Syeikh Ibrahim al-Bajuri
5. Syeikh al-Hasan al-Quwisni, beliau adalah seorang ulama yang hebat sehingga diberi tugas untuk menduduki kursi kepemimpinan al-Azhar dan dilantik menjadi Syeikhul Azhar pada masanya. Beliau memiliki semangat yang besar dalam belajar dan mengajar. Beliau menghabiskan waktu dari pagi hari hingga waktu isya' malam hanya bersama pelajar mengajar merek dan menulis kitab. Setelah itupun beliau masih menyempatkan untuk membaca al-Qur'an dengan suara beliau yang merdu sehingga banyak orang yang datang untuk memdemgarkannya.
Karangan Imam Ibrahim al-Bajuri
Dalam masa begitu muda beliau telah mampu menghasilkan beberapa buah karya yang begitu bernilai, hal ini tentu saja disebabkan kepintaran dan keberkatan ilmu beliau, diantara kitab-kitab yang beliau karang adalah:
1. Hasyiyah 'ala Risalah Syeikh al-Fadhali, merupakan ulasan dan penjelasan makna "Laa Ilaha Illa Allah", kitab ini merupakan kitab yang pertama kali beliau karang, ketika itu umur beliau sekitar dua puluh empat tahun.
2. Hasyiyah Tahqiqi al-Maqam 'ala Risalati Kifayati al-'Awam Fima Yajibu Fi Ilmi al-Kalam, kitab ini selesai pada tahun 1223 H.
3. Fath al-Qorib al-Majid Syarh Bidayatu al-Murid, selesai di karang tahun 1224 H.
4. Hasyiyah 'ala Maulid Musthofa Li Ibni Hajar, selesai pada tahun 1225 H.
5. Hasyiyah 'ala Mukhtasor as-Sanusi (Ummul Barahain), selesai pada tahun 1225 H
6. Hasyiyah 'ala Matni as-Sanusiyah Fil Mantiq, selesai pada tahun 1227 H.
7. Hasyiyah 'ala Matn Sulama Fil Mantiq
8. Hasyiyah 'ala Syarh Sa'ad Lil Aqaid an-Nasafiyah
9. Tuhfatu al-Murid 'ala Syarhi Jauharatu at-Tauhid Li al-Laqqani, selesai pada tahun 1234 H.
10. Tuhfatu al-Khairiyah 'ala al-Fawaidu asy-Syansyuriyah Syarah al-Manzhumati ar-Rahabiyyah fi al-Mawarits, selesai pada tahun 1236 H.
11. ad-Duraru al-Hisan 'ala Fathi ar-Rahman Fima Yahshilu Bihi al-Islam Wa al-Iman, selesai pada tahun 1238 H.
12. Hasyiyah 'ala Syarhi Ibni al-Qasim al-Ghazzi 'ala Matni asy-Syuja'i, selesai ditulis pada tahun 1258 H, kitab ini merupakan kitab yang dipelajari di al-Azhar as-Syarif dan seluruh pesantren di Nusantara sampai sekarang. Kitab ini beliau tulis di Makkah tepat di hadapan Ka'bah dan sebagaimana di Madinah tepat di samping mimbar Rasulullah SAW dalam masjid Nabawi.
13. Fathul Qorib Majid 'ala Syarh Bidayah Murid fi Ilmi Tauhid, selesai beliau karang tahun 1222 H.
14. Manh al-Fattah 'ala Dhau' al-Mishabah fin Nikah
15. Hasyiyah 'ala Manhaj, tidak sempat beliau sempurnakan
16. Hasyiyah 'ala Mawahib Laduniyah 'ala Syamail Muhammadiyah Imam Turmudzi
17. Tuhfatul Basyar Ta'liqat 'ala Maulid Ibnu Hajar al-Haitami
18. Ta'liqat 'ala Tafsir al-Kisyaf
19. Hasyiyah 'ala Qashidah Burdah
20. Hasyiyah 'ala Qashidah Banat Sa'ad bagi Ka'ab bin Zuhair
21. Hasyiyah 'ala Matn Samarqandiyah fi Ilmi Bayan
22. Fathul Khabir Lathif fi Ilmi Tashrif
23. Durar Hisan 'ala Fath Rahman Fima Yahshulu bihi Islam wal Iman
24. Hasyiyah 'ala Maulid ad-Dardir
25. Risalah Fi Ilmi Tauhid yang kemudian di syarahi oleh ulama Nusantara, yakni Syeikh Nawawi al-Bantani dengan nama kitab beliau Tijan ad-Durari
26. Hasyiyah 'ala Qashidah Burdah lil Bushiry, dll nya.
Menjadi Grand Syeikh al-Azhar
Setelah Imam al-Bajuri mendapatkan ilmu yang banyak dari para gurunya pada akhirnya beliau diangkat menjadi seorang tenaga pendidik di al-Azhar asy-Syarif, dengan tekun dan keikhlasan beliau memulai kehidupannya dengan mengajar dan belajar, hingga pada akhirnya beliau mendapat posisi tinggi di al-Azhar, pada tahun 1236 H/1847 M beliau diangkat menjadi Syeikhul al-Azhar ke-19 menggantikan Syeikh Ahmad al-Shafti yang meninggal dunia. Pada saat itu pemimpin Mesir Abbas I beberapa kali mengikuti pengajian beliau di al-Azhar dan juga mencium tangan beliau sebagai bentuk hormat dan takdzim kepada beliau.
Di zaman pemerintahan Said Pasha, Syeikh Ibrahim al-Bajuri jatuh sakit. Beliau kerepotan mengurus al-Azhar. Kemudian beliau mewakilkan urusan administrasi al-Azhar kepada empat orang, yaitu Syeikh Ahmad al-Adawi, Syeikh Ismail al-Halabi, Syeikh Khalifah al-Fasyni, dan Syeikh Musthafa al-Shawi. Empat orang syeikh tersebut kemudjan mengangkat seorang ketua yaitu Syeikh Musthafa al-Arusi. Al-Azhar tidak mengangkat Grand Syeikh al-Azhar lain sehingga beliau wafat.
Setelah menebarkan ilmunya kepada generasi selanjutnya, akhirnya Imam Ibrahim al-Bajuri menghembuskan nafas terakhirnya, meninggalkan dunia yang fana menghadap Allah SWT dengan tenang dan ridho. Beliau meninggal dunia pada hari Kamis tanggal 28 Dzulqa'dah tahun 1276 H bertepatan pada 19 Juli 1860 M, beribu pelayat hadir untuk menyalati Imam besar Ibrahim al-Bajuri, beliau dishalatkan di Masjid al-Azhar asy-Syarif dan dikuburkan di kawasan Qurafah al-Kubra yang masyhur dengan sebutan al-Mujawarin.
Pemegang Teguh Aqidah Asya'irah/al-Asy'ariyah
Pada masa hidupnya Syeikh Bajuri Madzab 'Asy'ary berkembang begitu pesat, tidak berbeda dengan masa-masa pemerintahan Mamalim yang menebarkan Manhaj 'Asy'ariyyah, begitu juga pada masa pemerintahan Ayyubiyyah dari masa pemerintahan Shalahuddin al-Ayyubi sampai hilangnya al-Ayyubiyyah dan bertukar menjadi pemerintahan Mamalim.
Madzab 'Asya'irah merupakan madzab Ahlussunnah yang berkembang dari negeri barat di daerah Maroko sampai negeri Indonesia. Pada masa Ibrahim al-Bajuri sudah mulai terdengar dan hidup madzab yang berbeda dari Madzab Ahlussunnah Wal Jama'ah, hingga Madzab Wahabi di bagian timur Hijaz, ketika itu mereka belum dapat menguasai Semenanjung Arab, aqidah mereka (Wahabi) sangat bertentangan dengan Madzab Ahlussunah Wal Jamaah yang dibawa oleh ulama-ulama terdahulu. Mereka berpendapat ulama-ulama Ahlussunnah yang bermanhaj 'Asya'irah adalah sesat lagi menyesatkan dan mesti dibasmi habis, tetapi Madzab Wahabi ketika itu belum bisa berkembang disebabkan adanya kekhalifahan Utsmaniyah yang menjaga Madzab Ahlussunnah Wal Jamaah al-Asya'irah.
Diantara hasil tulisan Imam al-Bajuri yang membicarakan tentang tauhid di dalam Manhaj al-Asy'aryah adalah:
1. Hasyiyah Kifayatu al-Awam yang di beri nama Tahqiqul al-Maqam, kitab Kifayatu al-Awam merupakan karangan guru Imam al-Bajuri yaitu Syeikh Muhammad al-Fadhali, kitab ini dipelajari oleh pelajar-pelajar al-Azhar dan di pondok-pondok pesantren di Nusantara. Kitab ini menjelaskan sifat dua puluh yang wajib bagi Allah, dua puluh sifat yang mustahil bagi Allah, dan satu sifat yang boleh bagi Allah, kemudian diterangkan sifat-sifat wajib, mustahil, dan boleh bagi para rasul-rasul Allah, kitab ini sangat bagus sekali dipelajari bagi pelajar ilmu tauhid tingkat pemula.
2. Al-Fathu al-Qorib Majid Syarah Bidayat al-Murid, kitab ini adalah karangan al-Imam as-Siba'i, di dalamnya memuat tauhid aqidah al-Asy'irah, Imam Ibrahim mencoba mensyarah dan menjelaskan isi kitab ini agar mudah di fahami oleh para pelajar.
3. Hasyiyah 'ala Matni as-Sanusiyah, kitab Matan as-Sanusiyah di karang oleh Imam Sanusi, seorang ulama madzab Asy'ary dalam aqidah. Beliau mengarang tiga kitab tauhid yang terkenal: sughra yang dikenal dengan nama Ummul Barahain, wustha (kemudian beliau syarahi sendiri) dan kubra. Matan Sanusi yang disyarahi oleh Imam Ibrahim al-Bajuri adalah shughra yang juga banyak disyarahi oleh ulama lain, seperti al-Hudhudi (kemudia diberi Hasyiyah oleh Syeikh Abdullah Syarqawi. Setelah mengkhatamkan kitab Syeikh al-Bajuri, Hasyiyab Kifayatul Awam). Kitab Matn as-Sanusi ini menjadi bahan pelajaran di kelas pema di berbagai lembaga pendidikan Ahlussunnah Wal Jamaah, baim di negeri Arab maupun di Indonesia bahkan Malaysia dan Thailand.
4. Tuhfatu al-Murid 'ala Syarah Jauharatu at-Tauhid, kitab ini merupakan syarah dari Matn Manzumah Jauharu at-Tauhid yang sangat terkenal di kalangan para penuntut ilmu agama, hasil karya Syeikh Ibrahim al-Laqqani, beliau merupakan seorang ahli hadits dan tauhid, kitab ini memuat sebanyak 144 bait sya'ir, banyam dikalangan ulama yang telah menyarahkan kitab ini diantaranya Imam al-Bajuri
Imam al-Bajuri memcoba menumpukan segala kemampuannya dan keahliannya untuk mensyarah kitab ini, dengan cara mengulas dan memutuskan mana yang tepat dan rajih dikalangan ulama Ahlussunnah, beliau juga mengisinya dengan dalil naql dan aqli, kemudian beliau juga menyebutkan perbedaan pendapat diantara Asya'irah dan Maturidiyyah didalam sebagian permasalahan.
Dari keempat kitab Imam Ibrahim al-Bajuri di dalam ilmu tauhid dapat kita simoulkan bahwa seorang ulama 'Asya'irah yang kuat dan memiliki peranan dalam mengembangkan madzab 'Asya'irah, keahlian beliau bukan saja didalam tauhid bahkan didalam segala disiplin ilmu agama seperti fiqih, tafsir, hadits, bayan, mantiq, fara'idh, dan lain-lainnya.
Disebutkan dalam manaqibnya, Syeikh Ibrahim al-Bajuri adalah seorang ulama yang amat memcintai dzuriyyah Rasul SAW. Beliau rajin mengunjungi dan berziarah kepada oara ahli bait, baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat. Salah satu bukti kecintaannya itu bisa kita lihat pada bagian akhir dari salah satu karyanya, Hasyiyah 'ala Syarh Ibn Qasim. Al-Bajuri menampakkan kecintaannya dan semangatnya bertabarruk dengan ahlu bait Nabi SAW dan ulama salaf shalih, khususnya Sayyid Ahmad al-Badawi. Dalam kitab karyanya tersebut, secara khusus ia menyarankan kepada siapapun yang mengkhatamkan kitab tersebut itu untuk membaca al-Fatihah bagi Sayyid Ahmad al-Badawi karena beliau mengkhatamkan penulisan kitab tersebut tepatnya pada hari haul maulid Sayyidi Ahmad al-Badawi.
Rujukan:
1. http://dar-alifta.org/ViewScientist.aspx?ID=37&LangID=1
2. Dan sumber-sumber lainnya

Gabung dalam percakapan